Rabu, 06 September 2023

1.2.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.2


 

Tugas 1. Refleksi
1. Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
Peristiwa Positif :

Salah satu peristiwa positif yang paling memuaskan adalah Ketika mendapatkan nilai tinggi  ujian nasional. Ini bisa meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi saya karena lulus smp dengan nilai nem tertinggi kedua dengan jumlah 35. Sedangkan untuk tertinggi berjumlah 36 (lulus SMP)

Peristiwa Negatif :

Peristiwa negatif  bagi saya adalah saat lulus sekolah SMA  tahun 1993  menentukan mau kuliah atau tidak? Ibu dan kakak meninginkan kuliah, namun saya tidak mau. Inginnya saya adalah bekerja mencari uang karena ekonomi. Oleh kakak saya di paksa untuk tetap kuliah. Sudah didaftarkan di IAIN Walisongo Semarang. Mengikuti  tes Alhamdulillah bisa diterima kuliah di IAIN.

2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?

Peristiwa Positif : Kepala Sekolah, guru, Orang Tua,

Peristiwa Negatif : orang tua, kakak

 

3. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang

Peristiwa Positif : Bersyukur, Senang

Peristiwa Negatif : Takut, tertekan

 

4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat mempengaruhi diri saya di masa sekarang?

Momen yang saya alami baik moment yang positif maupun yang negatif masih dapat saya rasakan dan masih mempu mempengarusi diri saya sebab, moment yang positif tersebut benar-benar saya alami sendiri dan butuh perjuangan yang sangat keras untuk memperoleh hasil yang maksimal. Namun sebaliknya moment yang negatif yang saya alami terkadang masih ada rasa takut, tertekan jika menghadapi situasi kondisi yang tidak menyenangkan. Dari perjalanan hidupku sampai sekarang baik moment positif maupun yang negatif yang saya alami sendiri baik secara langsung mapun tidak langsung masih bisa mempengaruhi pada diri saya.

 

5. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?

Terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta sebaiknya kita memberikan hal yang terbaik kepada siswa, jadilah guru yang didekati siswa, selalu dinantikan kehadirannya di kelas karena materi yang disampaikan oleh gurunya sangat mudah dipahami dan dimengerti, guru yang bisa memahami karakter siswanya, guru yang selalu menjadi tempat curhatan dan sharing. Guru yang selalu memotivasi siswanya untuk belajar. Guru yang selalu sabar dan bisa menahan emosi dikala menghadapi siswa yang memiliki sikap perilaku , karakter yang berbeda-beda. Karena sikap guru yang seperti itulah yang akan selalu diingat oleh siswa selama hidupnya

.

6. Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: “guru”, “murid”, “belajar”, “makna”, “peran”?

Peran Guru dalam memberikan motivasi untuk belajar sangat ber-makna bagi murid

 

Tugas 2. Nilai dan Peran Guru Penggerak Menurut Saya

1. Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

Nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru dan komunitas sekolah adalah menjadi guru yang menyenangkan,  dengan murid selalu memberikan semangat belaja. Dengan rekan guru mengajak untuk berkolaborasi , sharing atau berbagi. Sedangkan dengan komunitas sekolah saya adalah diantaranya menjalankan tugas tambahan lain yang diberikan sekolah dengan baik.(sebagai tim kurikulum sekolah)

 

2. Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan kerja, dan komunitas sekolah saya?

Sebagai guru dalam pembelajaran selalu mengedepankan dan memahami karakter murid serta menanamkan budi pekerti yang baik dalam mengarahkan murid agar bisa mengembangkan potensi dalam dirinya sesuai dengan minat dan bakatnya. Sebagai guru (rekan sejawat) selalu berdiskusi dan sharing dengan rekan sejawat membahas media atau model pembelajaran dikelas yang disesuaikan dengan karakter anak agar proses belajar mengajar baik dikelas maupun di luar kelas bisa menyenangkan. Sedangkan peran saya dalam komunitas sekolah  sebagi ketua MGMP PAI di sekolah dan di Sub Rayon 06. Selalu aktif dalam kepengurusan MGMP PAI SMP Se-Kota Semarang.

Demikian Refleksi dari saya. Semoga bermanfaat

Terimaksih

Salam guru Penggerak

Bergerak dan menggerakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar