Rabu, 13 September 2023

1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

 

1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

 


Durasi :  4 JP 
Moda : Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak

Tanpa terasa, Bapak/Ibu telah memasuki sesi pembelajaran Pembelajaran 4 Demonstrasi Kontekstual!

Sebagaimana judul unitnya, maka setelah merefleksikan pembelajaran sebelumnya, kini Bapak/Ibu diminta untuk berbagi dengan menyajikannya dalam bentuk sebuah karya.

Tugas: Membuat gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan

Bayangkan diri Bapak/Ibu sudah lulus program ini dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Pada saat itu, tentunya Bapak/Ibu sudah memiliki kepercayaan diri dan telah membawakan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak. Buatlah kisah narasi tertulis/presentasi PowerPoint/poster/peta pikiran/video/audio sederhana yang dapat menggambarkan kira-kira apa saja aktivitas Bapak/Ibu sebagai Guru Penggerak baik dalam keseharian, atau yang terprogram rutin berkesinambungan, maupun yang sifatnya ad-hoc (khusus). Buatlah sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan nilai-nilai Guru Penggerak (berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif) yang Bapak/Ibu telah dihidupi selama 3 tahun tersebut. 

Poin utama tugas kisah narasi ini adalah pada kedalaman penggambaran detail kegiatan yang mewujudkan tiap nilai Guru Penggerak. Jangan terjebak pada hiasan, sajian, dan tampilan saja. Terlampir di bawah adalah rubrik yang dapat membantu Bapak/Ibu dalam membuat kisah narasi tersebut, juga sebagai petunjuk untuk penilaian.

 

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Perkenalkan nama saya Muh. Syafrudin calon guru penggerak angkatan 9 SMP Negeri 7 Kota Semarang pada kali ini saya akan melakukan   demonstrasi kontekstual nilai dan peran guru penggerak modul 1.2

Nilai- nilai guru penggerak adalah  Berpusat pada murid, reflektif, mandiri, kolaboratif dan inovatif

Jika saya menjadi guru penggerak dan sudah berlangsung selama 3 tahun maka saya :

1. Berpihak pada murid yaitu selalu mengutamakan kepentingan murid dalam setiap kegiatan pembelajaran dan  guru hanya berperan sebagai fasilitator

kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan adalah melakukan pembelajaran yang berpusat pada murid,  melakukan asesmen  secara menyeluruh dan melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi

2. Reflektif yaitu guru yang mau melihat dirinya sendiri, terus melakukan intropeksi diri terhadap apa yang dilakukannya, senantiasa memaknai pengalaman yang terjadi, memiliki daya saing yang tinggi dan menjadikan refleksi sebagai kebiasaan

Kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan adalah satu memanfaatkan hasil supervisi untuk perbaikan pembelajaran yang kedua memanfaatkan hasil saran dari teman sejawat yang ketiga konsisten dalam melakukan refleksi setelah kegiatan pembelajaran

3. Mandiri yaitu guru yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan yakin bahwa dirinya memiliki potensi, guru yang mempunyai tanggung jawab, guru yang memiliki inisiatif terbuka dan bisa menerima pendapat orang lain,  guru yang menghargai waktu dan siap menerima perubahan

Kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan adalah  aktif dalam membangun komunitas sekolah dan  kegiatan MGMP,  aktif mengikuti berbagai kegiatan pengembangan keprofesionalan

4. Kolaboratif yaitu mau melakukan Kerjasama, berkomunikasi yang baik, berpikir yang positif terhadap seluruh pihak untuk membangun rasa saling percaya dan menghargai

Kegiatan yang sudah dan akan saya lakukan adalah : Bekerja sama dengan kepala sekolah rekan sejawat murid dan orang tua murid untuk mensukseskan kegiatan sekolah, bekerja sama dalam meningkatkan mutu sekolah,  berkolaborasi dengan sesama guru mata pelajaran untuk peningkatan kualitas pembelajaran

5. Inovatif yaitu memunculkan ide atau gagasan segar dan tepat guna, pantang menyerah

Hal yang akan saya lakukan adalah membuat video pembelajaran di channel YouTube, menulis di blog sendiri, merancang model pembelajaran yang bervariasi sesuai karakteristik murid dan perkembangan teknologi

Demikian narasi dari saya, terimakasih atas perhatiannya.

Jadilah guru penggerak yang selalu tergerak,  bergerak dan menggerakkan

Salam dan bahagia

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Semarang, 12 September 2023

CGP Angkatan 9

 

Muh Syafrudin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar